Langsung ke konten utama

Statusmu Harimaumu



Tahukah anda siapa pemilik akun twitter dengan jumlah follower terbanyak di dunia? Saya kasih petunjuk untuk memudahkan anda menebak. Dia seorang selebritas dunia, penulis lagu, penari, model dan penyanyi dengan beberapa single yang menjadi hits diantaranya Teenage Dream, Fireworks, dan Roar. Sebagian besar anda pasti sudah bisa menebak siapa. Yap betul banget, dia adalah Katy Perry pemilik akun @katyperry dengan jumlah follower saat ini sudah melebihi angka 52 juta orang.
Twitter merupakan salah satu dari beberapa social media selain Facebook, Path, Instagram, Linkedin yang semakin lama semakin banyak penggunanya. Jumlah pengguna melonjak secara astronomikal untuk menggambarkan pesatnya angka pengguna social media.  Sejak 2010 social media tidak lagi sekedar menjadi media untuk berinteraksi secara sosial tetapi untuk saling bertukar informasi, ide, foto, video dan content-content secara online sehingga merevolusi cara kita bersosialisasi. Dalam tempo yang sangat cepat, revolusi social media menyebar ke seantero pelosok dunia. Saat ini saja terdapat sekitar 2 milyar pengguna aktif social media di dunia. Kita tentu sudah tidak asing dengan beberapa nama media social yaitu Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan beberapa media social lainnya.
Mengutip video presentasi Erik Qualman yang telah diunggah di laman Youtube yang menjelaskan beberapa fakta bagaimana media-media sosial telah merevolusi dunia kita, yaitu:
- Sebelum 2010 sebagai periode awal berkembangnya media social, jumlah generasi Y (Gen Y) telah mengalahkan jumlah generasi sebelumnya yaitu para Baby Boomer. Baby Boomer adalah generasi yang lahir setelah era Perang Dunia II. Saat ini lebih 50 persen populasi dunia berumur dibawah 30 tahun. 96%-nya telah bergabung dengan social media.
-  Facebook melampaui Google sebagai trafik internet mingguan tersibuk.
-  Social media telah mengalahkan pornografi sebagai aktivitas nomor 1 di internet.
- Di Amerika Serikat, 1 dari 8 pasangan suami istri memulai perkenalan mereka melalui social media. Sebaliknya, 1 dari 5 perceraian diakibatkan oleh Facebook.
- Untuk mencapai angka 50 juta pengguna, radio membutuhkan waktu 38 tahun, televisi membutuhkan waktu 13 tahun, internet butuh 4 tahun, ipod butuh 3 tahun, Facebook hanya dalam tempo kurang dari 9 bulan saja memiliki 100 juta pengguna dan tidak sampai 2 tahun sudah memiliki lebih dari 200 juta pengguna.
- Pengunduh aplikasi iPod mencapai 1 milyar dalam 9 bulan. Dalam tempo kurang dari setahun bahkan sudah mencapai 200 juta pengguna.
-  Jumlah pengguna Facebook saat ini merupakan populasi terbanyak ketiga setelah China dan India.
-  80% perusahaan menggunakan social media untuk merekrut karyawan.
- Dua selebritas dunia yaitu Ashton Kutcher dan Britney Spears memiliki follower Twitter yang lebih banyak dibandingkan seluruh populasi Swedia, Israel, Swiss, Irlandia, Norwegia, dan Panama digabung.
-  50% trafik internet mobile di Inggris adalah untuk mengakses Facebook.
- Generation X dan Y menganggap bahwa penggunaan akun email sudah ketinggalan jaman. Bahkan beberapa universitas sudah tidak lagi menggunakan akun email.
-  Youtube telah menjadi mesin pencari terbesar kedua di dunia.
-  Setiap hari sekitar 100 jam video diunggah ke laman Youtube.
-  Wikipedia memiliki lebih dari 15 juta artikel.
-  Saat ini terdapat lebih daripada 200 juta blog. Sekitar 34%-nya bercerita tentang produk maupun brand.
-  78% konsumen lebih mempercayai rekomendasi orang yang ditulis melalui blog maupun social media, hanya 14% yang percaya iklan.
-   Setiap hari sekitar 60 juta status yang di-update melalui Facebook.
-   Dalam 10 tahun lebih 40% dari perusahaan Fortune 500 sudah tidak ada lagi.  
Fakta-fakta diatas menunjukkan bahwa social media memang telah menjadi revolusi terbesar setelah revolusi industri.

Bagaimana dengan Indonesia?  Di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia, kita mengakui dampak yang luar biasa social media baik terhadap budaya, bisnis, kehidupan sosial dan seluruh aspek kehidupan kita apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna social media terbesar di dunia.
Berikut beberapa data tentang perkembangan social media di Indonesia, yaitu:
-  Jumlah pengguna internet saat ini di Indonesia mencapai lebih dari 71 juta orang. Sekitar 98% atau 70 juta orang sudah memiliki salah satu akun social media yang popular.
- Dari 70 juta pemilik akun social media tersebut, 62 juta orang telah memiliki akun Facebook. Setiap hari lebih daripada 32 juta orang secara aktif mengakses akun Facebooknya, 28 juta diantaranya melalui handphone atau smartphone. Tidaklah mengherankan founder sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, sampai harus mengunjungi Indonesia karena Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi Facebook.
- Jumlah pengguna aktif Path di Indonesia sebanyak 4 juta akun dari total jumlah pengguna di seluruh dunia sebesar 20 juta orang. Angka ini merupakan angka pengguna Path terbesar di dunia.
- Indonesia dikenal sebagai negara dengan cuitan twitter teramai. Dari sekitar 10 miliar tweets setiap hari di seluruh dunia, hampir 3 persennya berasal dari Jakarta saja. Indonesia dikenal sering melahirkan trending topics Twitter, seperti yang terjadi menjelang Pileg, Pilpres, dan pelantikan presiden yang baru lewat. Karena besarnya pengguna dan aktifnya cuitan dari Indonesia, Twitter berencana membuka kantor cabang di Indonesia.
- Pengguna LinkedIn di Indonesia melebihi 2 juta orang. Ini merupakan angka capaian pengguna LinkedIn yang tertinggi di Asia Tenggara.
Beberapa dampak baik positif maupun negatif penggunaan social media di Indonesia diantaranya sebagai berikut:
Dampak Terhadap Politik
Kita telah menyaksikan dengan mata kepala sendiri dampak masif dari penggunaan social media terhadap politik di Indonesia yaitu dengan keberhasilan Koalisi Indonesia Hebat memenangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusungnya, Jokowi dan Jusuf Kalla, menjadi Presiden dan Wakil Presiden baru Indonesia. Social media sangat berperan dalam kemenangan tersebut. Beberapa gerakan politik yang terjadi di Indonesia juga acapkali menjadi trending topic twitter seperti kecaman terhadap mantan presiden SBY melalui hashtag SBYShameonYou dan ShamedbyYou karena dituding sebagai dalang dibalik walkout anggota Partai Demokrat pada Sidang Paripurna penetapan Pilkada Rakyat atau Pilkada DPRD. Akibat people movement ini SBY terpaksa harus mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang.

Dampak Terhadap Bisnis
Berdasarkan data, 70 persen masyarakat Indonesia sudah mengakses internet. Hal ini berakibat bahwa strategi pemasaran sudah beralih dari sebelumnya menggunakan media konvensional ke media internet. Berdasarkan data www.socialbakers.com, sebagian terbesarnya pengakses media internet tersebut adalah fans Facebook yaitu di Indonesia saja mencapai 92 juta akun. Jumlah yang sangat besar dan akan memberi hasil yang luar biasa apabila digunakan secara efektif. Strategi pemasaran di era Gen-C (Generation Connectedness) saat ini adalah world of mouth, bukan lagi word of mouth. Masyarakat lebih percaya sekali “like” dan peer review yang diberikan komunitas di Facebook terhadap suatu produk dibandingkan ratusan kali penayangan komersial produk tersebut di media televisi. Sekali content video suatu produk diunggah ke laman Youtube, apabila video tersebut menarik, akan segera disebarluaskan untuk disaksikan lebih banyak pengguna social media lainnya.

Dampak Terhadap Sosialisasi
Social media memudahkan kita untuk berkomunikasi kembali dengan teman-teman sekolah yang tentunya sangat sulit dilakukan melalui telepon, handphone, apalagi dengan korespondensi. Berbagi video, foto, content, dan lain-lain yang dulu sulit bahkan mustahil dilakukan sekarang lebih gampang hanya dengan sekali klik. Sosialisasi dulunya harus keluar rumah atau setidaknya melalui telepon. Sekarang kita tidak harus keluar rumah dan keluar Negara agar dapat mengenal orang-orang dari belahan dunia yang lain.

Dampak Negatif Social Media
Beberapa dampak negatif telah sering kita lihat terjadi akibat penggunaan social media. Kasus teranyar adalah ditangkapnya seorang penjual sate dengan tuduhan penghinaan presiden melalui akun Facebook-nya. Atau kasus penghinaan terhadap orang Jogja yang dilakukan oleh Florence Sihombing melalui akun Path-nya, penghinaan Walikota Bandung oleh seseorang lewat akun Twitter. Belum lagi sering kita temukan di media pemberitaan mengenai hilangnya atau terbunuhnya beberapa gadis remaja oleh orang yang dikenalnya lewat Facebook.

Dampak Terhadap Produktivitas 
Social media dapat digunakan sebagai wadah untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas seseorang. Kita bisa berkomunikasi dengan orang yang ahli di bidang yang saat ini kita tekuni cukup dengan menjadi follower-nya dan me-retweet komentar-komentarnya. Kita juga bisa menulis di blog terkait bidang pekerjaan kita dan men-share-nya di akun-akun social media yang kita miliki. Namun sebaliknya, social media juga bisa berdampak negatif terhadap produktivitas pekerjaan kita akibat akses dan penggunaan social media yang tidak kenal waktu bahkan pada saat kita seharusnya berkonsentrasi pada pekerjaan kita.

Social media memang telah memudahkan kita berinteraksi dengan lebih banyak orang tidak hanya di Indonesia melainkan ke mancanegara. Kemajuan teknologi pasti memiliki dampak negatif. Semuanya tergantung bagaimana kita memanfaatkan teknologi secara tepat dan bijak demi kemaslahatan kita.

Makassar, 4 November 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budaya Service SQ, Budaya Yang Memuaskan Karyawan

Apakah anda ingin merasakan layanan kamar kelas suite? Tentu saja semua orang ingin menikmati bagaimana rasanya menginap beberapa malam di kamar kelas suite yang dimiliki minimal oleh hotel-hotel berbintang lima atau kapal-kapal pesiar mewah. Kita pasti belum membayangkan bahwa fasilitas hotel berbintang saat ini bisa kita nikmati juga di atas pesawat terbang. Pada tahun 2008 Singapore Airlines telah memperkenalkan layanan The Suites, sebagai layanan udara termewah yang tersedia secara komersial. The Suites merupakan layanan eksklusif di armada Airbus A380 Singapore Airlines yang menerbangi rute Changi International Singapura menuju bandara internasional John F. Kennedy New York yang menawarkan kabin pribadi dengan pintu-pintu geser yang memungkinkan anda untuk menikmati privasi dan istirahat yang sangat nyaman selama perjalanan. Interiornya yang mewah dirancang oleh desainer Perancis bernama Jean-Jacques Coste yang dikenal sebagai perancang interior kapal yacht mewah. K

Bahagia dan Kreativitas

Success is liking yourself, liking what you do, and liking how you do it Ungkapan diatas pernah diucapkan oleh Maya Angelou, seorang penulis terkemuka. Kesuksesan hanya bisa diraih apabila kita bahagia dalam bekerja, menyukai pekerjaan kita dan menyukai apapun yang berkaitan dengan pekerjaan kita termasuk perusahaan tempat kita bekerja, rekan kerja kita, atasan kita, nasabah atau debitur kita dan sebagainya. Kebahagiaan dalam bekerja menghasilkan interaksi yang lebih baik dengan rekan, atasan, nasabah serta produktivitas dan kinerja kerja yang terus meningkat. Kebahagiaan bekerja juga berdampak besar terhadap kondisi kesehatan kita sehingga kita tidak gampang stress dan sakit. Soal bonus yang kita peroleh tentunya sebanding dengan produktivitas kita. Ada lagi manfaat penting kebahagiaan kerja yaitu menumbuhkan inovasi dan kreativitas. Riset menyimpulkan bahwa kebahagiaan dan kreativitas adalah dua hal yang saling terkait. Karyawan yang bahagia akan lebih produktif dan kre

Kepemimpinan Transformasional: Sebuah Gaya Kepemimpinan Yang Adaptif (Bagian 1)

Organisasi dimanapun butuh  kepemimpinan karena tanpa kepemimpinan  organisasi tidak akan berjalan dengan baik dan efektif.  Inilah sebabnya bila  kita berbicara organisasi maka kita juga harus membicarakan bagaimana kepemimpinan dalam organisasi. Di banyak literatu r  kepemimpinan organisasi (organizational leadership)   j ustru lebih banyak dibahas dibanding organisasi itu sendiri.    Terdapat beberapa versi kepemimpinan dan seringkali kepemimpinan dipersepsikan secara salah sebagai manajemen. Sederhananya, perbedaannya adalah apabila anda memimpin orang lain namun anda berjalan sendiri tanpa diikuti oleh satupun orang yang anda pimpin, itulah manajemen. Bedanya yang lain adalah manajemen adalah memimpin tanpa nilai (managing without value)  dimana seluruh proses manajerial berupa merencanakan, mengorganisasi dan mengoordinasi strategi untuk pencapaian tujuan organisasi, sedangkan tugas pemimpin adalah untuk menginspirasi dan memotivasi. Walaupun berbeda namun kepemimpinan dan